Jumat, 23 Juni 2017
Home / Berita / Kegiatan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum 2013

Kegiatan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum 2013

Pelaksanaan Kurikulum 2013 telah dicanangkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk dilaksanakan secara nasional. Target pelaksanaan di semua sekolah di Indonesia mulai berlaku pada tahun ajaran 2018-2019. Untuk mempersiapkan hal itu, pelaksanaan pada sekolah sasaran dilakukan secara bertahap.

SMA Tarsisius I menjadi sekolah sasaran pelaksanaan Kurikulum 2013 mulai tahun ajaran 2016-2017 pada kelas X. Oleh karenanya, setiap guru dibekali dengan workshop Kurikulum 2013 untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran yang sesuai sehingga kurikulum ini dapat berjalan dengan baik.

Kegiatan lanjutan dari workshop ini adalah diadakannya In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum 2013 pada tanggal 8 dan 10-13 Oktober 2016. Ada empat fasilitator yang mendampingi yaitu Bapak I Gusti Ngurah Dwaja, Bapak Sostenes Sukoco, Ibu Elly Kusumawati, dan Ibu Adminy Anggrenie. Semua guru mata pelajaran di SMA Tarsisius I menjadi peserta dalam kegiatan ini supaya semakin siap untuk mempergunakan Kurikulum 2013 yang berlaku secara nasional.

Kegiatan IHT dibuka oleh Pengawas Sekolah, Bapak Jahidin. Selain guru, pembukaan IHT juga dihadiri oleh orangtua/wali siswa-siswi kelas X dengan harapan terjadi sinergi pendidikan di rumah dan di sekolah. Materi awal yang disampaikan pada tanggal 8 Oktober 2016, berkaitan dengan tantangan zaman, gerakan literasi sekolah, penjaminan sekolah aman, dan filosofi Kurikulum 2013.

Selama empat hari (10-13 Oktober 2016), para guru disiapkan oleh para fasilitator untuk membuat perangkat pembelajaran dan membuat kesinambungan antara pelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler (khususnya kepramukaan). Kurikulum 2013 juga mengakomodasi lokalitas (budaya daerah) dan keutamaan-keutamaan kemasyarakatan yang sejalan dengan tujuh core value YBHK. Setelah menyiapkan perangkat pembelajaran, para guru mempraktikkan dengan real teaching pada para siswa kelas X.

Kegiatan IHT ditutup oleh Kepala SMA Tarsisius I, Bapak Stephanus Subarno, pada tanggal 13 Oktober 2016. Meskipun IHT telah ditutup, namun pendampingan untuk pelaksanaan Kurikulum 2013 masih berlanjut dengan kegiatan ON pada minggu-minggu berikutnya.

KURIKLULUM 2013 : MAJU BERSAMA, HIDUP TARSI SATU!!