OSIS SMA Tarsisius 1 Ikuti LDK sebagai Bekal Kepemimpinan

Siswa/i anggota OSIS SMA Tarsisius 1 mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, pada 13 – 14 Januari 2023 lalu. Sebanyak 30 siswa belajar dan berdinamika menemukan dan memaknai kepemimpinan yang bersama tim Sinergi Multi Kreatif, yang dipimpin oleh bapak Aegidius Sunusmo.

LDK yang bertajuk “Leader Eat Last atau Pemimpin Makannya Belakangan” ini berlangsung menarik dan seru. Para peserta yang merupakan anggota OSIS periode 2023 aktif dan antusias mengikuti sesi materi serta pendalamannya lewat dinamika dalam beragam jenis games.

Materi dan dinamika lewat beragam games bertujuan menanamkan beragam nilai penting dalam kepemimpinan yakni melayani, disiplin, kerjasama atau kolaborasi, berpikir kritis, kreatif, problem solving, kepercayaan diri, trust, solid, dan kompak.

Hal itu diutarakan Aegidius Sunusmo selaku mentor dalam sela-sela proses LDK. “Materi dan beragam games memiliki korelasi dan bertujuan menanamkan nilai-nilai kepempinan yang penting, antara lain melayani, bekerjasama atau kolaborasi, trust, kreatif dan kemampuan memecahkan masalah atau problem solving”, jelas Aegidius.

Sementara itu, peserta LDK mengaku puas dan berkesan dengan pelaksanaan LDK ini, diantaranya adalah Stefina yang merupakan ketua OSIS SMA Tarsisius 1 periode 2023. “Saya terkesan dengan LDK ini karena berjalan lancar serta materi-materi yang dipadukan dengan games-games sangat menarik dan berguna bagi masa kepemimpinan kami sebagai OSIS SMA Tarsisius 1 periode 2023”, kata Stefina, siswi kelas XI MIPA¬≤ tersebut.

Hans Tengker teman sekelas Stefina yang juga merupakan wakil Ketua OSIS juga merasa puas. “Every thing goes well, Semuanya berjalan baik-baik saja. Semua proses memiliki makna positif bagi peserta terutama sebagai anggota OSIS SMA Tarsisius 1. Terimakasih”, kata Hans Tengker.

Kegiatan LDK yang berlangsung dua hari di Wisma Pangestu Cicurug ini didampingi 5 guru, di antaranya Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, ibu Isni Widyawati dan ke-4 pembina OSIS, yakni Ibu Dian Fitri, ibu Titri Agnes, Bapak Kunto Wisnu dan Fidel Haman.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan sekolah bagi pengurus OSIS tahun ke tahun.

Fidel Haman

About The Author