Retret SMA Tarsisius 1: Berubah untuk Berbuah

Peserta didik kelas XII SMA Tarsisius kurang lebih 3 hari tenggelam dalam keheningan Griya St. Angela, Sukabumi, pada 9 – 11 Januari 2023 lalu. Sebanyak 66 siswa kelas XII mengikuti retret untuk berefleksi dan mempersiapkan diri menyambut Ujian Sekolah pada Maret mendatang. Dalam Retret ini sesuai dengan tema yang diangkat “Time for God: Berubah untuk Berbuah” para siswa diajak untuk mau berubah agar dapat berbuah.

Harapan itu disampaikan Ibu Salawati Ginting selaku ketua panitia penyelenggaraan retret.

“Kegiatan Ret ret bagi SMA Tarsisius 1 merupakan program rutin yang dilaksanakan untuk menuntun siswa siswi kelas XII merefleksikan diri setelah hampir 3 tahun belajar di SMA Tarsisius 1 serta mempersiapkan mereka dalam menghadapi ujian-ujian akhir tahun seperti Ujian Praktik, ujian PAT dan terutama menghadapi ujian sekolah (US) yang akan dilaksanakan bulan Maret mendatang”, jelas ibu Ginting sapaan akrab wali kelas XII IPS² ini.

“Semoga dengan retret ini siswa/i semakin termotivasi untuk berubah menjadi lebih baik, terutama dalam belajar belajar dan semakin bertanggung jawab serta dapat membuktikannya lewat prestasi belajar yang baik saat kelulusan nanti”, tambahnya.

Salah satu anggota dari tim Sinergi Multi Kreatif, yang mendampingi kegiatan retret ini yakni Bapak Aegidius Sunusmo juga mengharapkan perubahan demikian. Menurutnya tiga hal yang dapat mendukung tercapainya harapan itu ialah dengan mengupayakan tiga kultur retret ala Sinergi Multi Kreatif yakni gembira, responsif dan terlibat.

“Materi retret dipadukan dengan games atau permainan-permainan menarik yang bisa membangkitkan kegembiraan siswa/i. Suasana hati yang gembira akan memudahkan peserta untuk lebih responsif dan mau terlibat”, jelas Aegidius Sunusmo yang sering dikenal sebagai Trainer Milenial ini.

Sementara itu, peserta retret mengaku terkesan dengan kegiatan retret ini. Selain karena materi dan permainan yang menarik juga karena tempat retret yang nyaman dan bersih.

“Ret ret kemarin itu menurut saya sangat menarik. Nilai nilai yang diajarkan itu menurut saya simple tapi sangat mengena karena diambil dari realitas anak remaja seperti saya ini. Selain tempat retretnya sangat bersih dan rapih”, kata Justin Oliver Santoso, Siwa kelas XII IPS¹.

Carolina Yosefina Odi, teman kelas Justin merasakan hal yang sama. “Kesan saya selama ret ret di Rumah Ret Ret Griya Angela adalah saya sangat senang sekali, karena pada saat saya sampai, saya sudah disambut oleh suster-suster Ursulin dengan sangat ramah di depan gerbang”, kata Caroline.

“Lalu selama retret di sana, saya banyak merasakan kenyamanan seperti rumah sendiri. Banyak tempat dan ruang-ruang ret ret yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk berdoa dan berkonsentrasi lebih kepada Tuhan secara pribadi”, tambah Caroline .

Ada pun retret ini didampingi oleh empat guru pendamping, yakni Ibu Yoeti Yuliana selalu wali kelas XII MIPA, ibu Veronika Endar, wali kelas XII IPS¹, dan ibu Salawati Ginting, wali kelas XII IPS² serta Fidel Haman, guru bidang studi Pendidikan Agama Katolik.

bit.ly/YukDaftar-SMAT1

About The Author

× PPDB 2023-2024