Shio Naga Spektakuler: Embrace Your Roar, Unleash Your Fire!

Perayaan imlek menjadi hari libur nasional dan salah satu perayaan besar bagi seluruh dunia, terutama di Asia. Imlek atau Chinese New Year merupakan perayaan tahun baru bagi masyarakat Tionghoa yang dihitung berdasarkan kalender Lunar. Tahun ini, perayaan imlek membawa simbol shio naga kayu. Shio naga menunjukan adanya ambisi yang kuat serta kekuasaan, elemen kayu melambangkan pertumbuhan, perkembangan, dan kelimpahan. Itu sebabnya, tahun ini memiliki makna yang cukup besar dengan harapan bahwa tahun ini menjadi awal dari kesuksesan dan kemajuan yang baik.

“Embrace Your Roar, Unleash Your Fire” menjadi tema yang diusung oleh SMA Tarsisius 1 untuk merayakan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili. Kata “Fire” pada tema ini memiliki makna potensi, kemampuan, kekuatan, dan kreativitas. Pada Jumat, 16 Februari 2024, keluarga besar Sekolah Tarsisius 1 merayakan imlek mereka bersama, tepatnya di depan perpustakaan lantai 1. Setelah sebelumnya merayakan Tarsisius Day bersama, kini mereka juga merayakan acara imlek bersama sebagai keluarga besar Sekolah Tarsisius 1.

Sedikit berbeda dari tahun lalu, penampilan-penampilan luar biasa dan menarik mendominasi acara, mulai dari persembahan penampilan jenjang TK hingga SMA. Tidak hanya itu, banyak juga kuis-kuis spektakuler dari MC acara dan berhadiah angpao yang tentunya menjadi perhatian bagi siswa/i terutama adik-adik kecil yang masih SD.

Penampilan Siswa

Acara pembuka menampilkan adik-adik manis dari TK Tarsisius 1. Mereka menghadirkan lomba fashion show. Penampilan menarik dan menggemaskan dari mereka menarik perhatian banyak orang yang ada di sana. Tarian dan nyanyian bersama menyusul. Hal ini menunjukan adanya kemampuan yang ditanam, dirawat, dan dikembangkan oleh guru-guru kepada setiap muridnya sebagai bentuk pertumbuhan yang baik kepada anak-anak.

Kemudian, ada penampilan tarian-tarian indah dari siswi SD Tarsisius 1. Penampilan mereka juga mendapat sorotan dari penonton karena penampilan yang luar biasa. Dari jenjang SMP, mereka menampilkan nyanyian, dengan 3 orang menyanyi dan 2 dari mereka memainkan gitar dan keyboard. Theresa yang merupakan ketua OSIS SMP Tarsisius 1 ikut turut berpartisipasi sebagai salah satu vokalis dengan suara memikatnya.

Penampilan terakhir berasal dari SMA, dengan persembahan band dan duetnya yang tidak mungkin terlewat. Louise Indexia Putri bersama dengan Adlan Sanginaa Mallisa’ membawakan lagu “Saat Bersama” tentunya menyentuh hati dari setiap penonton, terutama karena bulan Februari lekat dengan sebutan Bulan Kasih Sayang. Lalu, tidak ketinggalan penampilan band #1 di Sekolah Tarsisius 1 yaitu SEWA19 juga menghadirkan penampilan luar biasa mereka. Sungguh luar biasa kemampuan dari setiap siswa/i yang tampil dalam perayaan imlek tahun 2024 ini.

Puncak Acara

Acara Chinese New Year 2575 Kongzili ini mencapai puncak pada aksi barongsai dan naga di lapangan Sekolah Tarsisius 1. Kehadiran mereka tentunya menjadi sorotan bagi siswa/i yang sedang menonton penampilan saat itu. Aksi barongsai juga berhasil mengambil perhatian seluruh orang dengan atraksi yang luar biasa. Aksi naga juga mengundang semangat dan antusias dari Tarsisians pada saat itu. Mulai dari murid hingga guru mulai berbondong-bondong untuk memberikan angpao kepada barongsai dan naga serta berswa-foto sebagai kenang-kenangan dari Perayaan Tahun Baru Imlek tahun 2575 Kongzili bersama Keluarga Besar Sekolah Tarsisius 1.

Tentunya besar harapan bahwa acara ini dapat meningkatkan kebersamaan serta kekeluargaan dari keluarga besar Sekolah Tarsisius 1 dan meningkatkan pengetahuan warga sekolah terhadap budaya Chinese melalui perayaan tahun baru imlek.

Christina Laurence

Ketua OSIS SMA Tarsisius 1 – Siswi Kelas XI MIPA.

Scroll to Top